Belajar photografer kamera DSLR

Selamat datang di artikel saya ini. Belajar photografer kamera DSLR

saya akan sedikit basa basi dulu. 
mungkin di semua postingan di blog saya ini artikel ini lah yang paling saya anggap berharga.
Kenapa ?
Saya sebelum mengerti  kamera DSLR

saya rela ngikut ngikut photogrfer yang sudah profesional hanya untuk mengerti betul tentang kamera ini.
mungkin tulisan ini banyak udah di GOOGLE

tapi saya yang berprofesi sebagai photografer mungkin lebih tau betul.
bukan sombong atau meninggi niggikan diri
tp itulah dia.
.


Saya menulis ini sangat iklas dan anda yang telah masuk ke sini sangat beruntung.



ok kita mulai saja.


Menurut saya yangg namanya photografer pasti menggunakan modus M atau manual 

kenapa menggunakan modus ini ???
biasanya settingan kita yang sudah benar akan menghasilkan gambar yang lebibh bagus dari settingan AUTO di kamera. 
walaupun kadang kala photografer profesional juga menggunakan modus auto,program DLL pada saat mendadak. 


sebelum kita mulai poin pertama perhatikan dulu gambar ini














A. namanya biasa disebut Shutter speed oleh temen2 photografer saya


jadi itu fungsinya begini, Semakin Besar angka Shutter Speed Maka hasil foto akan semakin gelap tetapi dapat mengambil gambar tanpa ada kabur sedikit pun . jika Shutter speed anda buat tinggi maka imbangi juga dengan bukaan lensa yang rendah.



B.  Bukaan Lensa Atau diafragma

Bukaan lensa digunakan untuk mengatur banyaknya cahaya yang masuk ke kamera . 

Semakin tinggi Bukaan lensanya maka semakin sedikit cahaya yang masuk ke kamera jadi hasil foto anda akan gelap dan sebaliknya.


C. ISO

saya tidak bisa mendefenisikan fungsi ini

tapi di lapangan waktu saya memfoto

semakin kecil ISO nya maka hasil fotonya akan semakin bagus tapi ini hanya dapat anda gunakan di waktu outdoor

karena ISO kecil membuat gambar menjadi gelap, maksutnya cahaya akan di kurangi.

ini sebagai panduan aja ya


memfoto itu memang terlihat mudah

tapi jika anda mulai mempelajarinya anda akan mulai merasakan kesulitanya,
apalagi  jika harus motret di acara wedding

anda harus cerdas mengatur settingan kamera anda dengan cepat supaya anda tidak ketingglan momen.


Ini sedikit bonus info buat kalian



buat foto wedding gunakan lah iso dibawah 400 karena biasanya foto wedding akan di cetak ukuran besar.  jika isonya anda buat besar akan ada noise ( pecah ) di hasil foto anda.

buat foto rame rame di indoor
jika terpaksa memfoto dari jarak jauh ( jika anda menggunakan flash tambahan , bukan flash kamera , tambah lah kerangnnya, jika masih gelap baru iso anda naikkan.


cukup sekian

saya telah membagikan kepada anda semua ilmu saya dengan iklas secara gratis.

untuk terimakasih anda tolong sempatkan menonton video ini





dasar dasar mengedit video

dan untuk versi artikel klik di sini


di postingan berikutnya saya akan berbagi
+ Bagaimana hasil foto yang bagus dan benar dan yang salah
+ Poisi Pengambilan gambar yang benar
+ Cara Membuat Cover DVD
+ Cara mengedit video Wedding

selamat malam




Belajar photografer kamera DSLR
Belajar photografer kamera DSLR